Rabu, 12 Maret 2014

Seorang desainer bernama Sayalee Kaluskar memodifikasi sepasang kacamata anti silau biasa menjadi sebuah perangkat canggih yang bisa mengisi daya baterai smartphone.

Menurut yang dilansir Cnet, dalam perancangannya Kaluskar menggunakan kacamata dari Ray Ban dengan menambahkan sepaket solar panel di kedua tangkai kacamata agar bisa menampung daya listrik.

Proyek tersebut diberi nama `Ray-Ban Shama Shades` yang juga merupakan bagian dari proyek yang dilakukan sekelompok pelajar di Miami Ad School, San Francisco. Panel matahari yang menempel di kedua tangkai kacamata diklaim bisa mengisi baterai iPhone 5 hingga penuh.

Untuk melakukan pengisian baterai, pengguna cukup menancapkan konektor yang terdapat di salah satu tangkai kacamata. Namun sayangnya, kacamata inovatif itu belum bisa mengisi daya baterai di luar iPhone 5 dan seri di atasnya karena Ray-Ban Shama Shades hanya dilengkapi konektor Lightning yang cuma dimiliki perangkat Apple.

Sebelumnya juga ada sebuah wearable device bernama Carbon yang mempunyai fungsi sama. Bedanya, Carbon memiliki tampilan yang mirip dengan jam tangan pintar. Di bagian muka perangkat itu tertanam solar panel untuk menampung daya dari terpaan sinar matahari.

Ini sangat berguna dalam keadaan darurat, seperti misalnya saat Anda tengah berada di kawasan yang tidak dilengkapi fasilitas listrik. Mengutip laman Kickstarter, Carbon dirancang oleh startup asal Florida, Energy Bionics.

0 komentar:

Posting Komentar